Friday, October 21, 2011

Tim PENS siap berlaga di ajang KMLI di Bandung

EEPIS-Online(19/10), Bahan bakar fosil merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui dan akan habis seiring dengan meningkatnya daya konsumsi dan produktifitas manusia dibumi. Padahal pada kenyataanya tingkat kebutuhan manusia akan energi dari bahan bakar fosil ini semakin tinggi bahkan cenderung meningkat setiap tahunnya.

15042011136.jpg

Di era teknologi canggih seperti saat ini para ilmuwan, insinyur dan para pakar teknologi berlomba-lomba untuk membuat teknologi alternatif pengganti bahan bakar minyak bumi ini. Salah satunya yang sudah banyak dikembangkan saat ini adalah penggunaan energi panas dari tenaga matahari dan energi listrik. Di Indonesia sudah banyak temuan-temuan bahkan aplikasi teknologinya dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya pada perkembangan teknologi mobil listrik dan juga mobil tenaga matahari diIndonesia.

Untuk menampung dan mengembangkan potensi anak bangsa dalam mengembangkan teknologi alternatif yang ramah lingkungan tersebut pemerintah Indonesia mengadakan Kontes Mobil Listrik Nasional(KLMI) yang diikuti oleh seluruh universitas diIndonesia. Untuk tahun ini KLMI diadakan di Politeknik negeri Bandung(Polban).

Dengan tema "mobil listrik kendaraan efisien dan bebas polusi" kompetisi ini menuntut mahasiswa untuk merancang kendaraan yang ramah lingkungan dan tidak menggunakan bahan bakar fosil. Adapun beberapa kategori yang dipertandingkan adalah kendaraan yang terkuat dalam tanjakan, terbaik dalam percepatan, pengereman, terbaik dalam jarak tempuh dan waktu, serta terbaik dalam efisiensi.

PENS mengirimkan satu tim perwakilan untuk mengikuti KLMI III ini. Tim dengan mobil listrik bernama Denkiaka (petir merah) ini beranggotakan M. Bangun Nugroho(3 D3 Elin A), Ika Mahardika N(3 D3 Elin A), Abdul Rizal(3 D4 Elin B), dan Aditya Rahman(2 D4 Elin B), keempatnya adalah anggota dari EVC(Electric Vehicle Community) PENS.

"kita mendesign mobil listrik ini dengan konsep yang minimalis namun tetap enak dikendarai", ujar Adit driver tim Denkiaka ketika ditanya soal konsep mobil listrik yang dibuatnya. Tahun ini merupakan ke-2 kalinya PENS mengikuti KLMI, mereka mengaku telah melakukan persiapan sejak 4 bulan yang lalu untuk menghadapi kontes mobil listrik nasional ini. (rar,ryo)

link: http://eepis-its.edu/id/read/fbe648cd354e51b84fba1164326e8d47/tim-pens-siap-berlaga-di-ajang-kmli-di-bandung

No comments:

Post a Comment